madyapadma

madyapadma
my first teacher in journalistic

Thursday, September 1, 2011

Profil : POLYGON


Polygon. Sebuah merek sepeda yang tidak asing lagi di telinga kita. Banyak dari kita mengetahuinya, atau bahkan mengendarainya saat Car Free Day. Tapi apakah ada yang mengetahui bahwa merek Polygon merupakan produk asli Indonesia?
Mungkin tak pernah terbayang di benak kita, Polygon, merek sepeda yang mendunia, merupakan produk asli dalam negeri. Ya, bermula di tahun 1989 dari satu kawasan kecil yang namanya tak banyak dikenal orang, Wadungasih Sidoarjo – Jawa Timur, sebuah pabrik sepeda didirikan dengan tekad besar menembus pasar internasional.
PT Insera Sena. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1989 pada daerah keseluruhan 30.000 m2 dengan luas bangunan 18.000 m2. Dengan sekitar 430 karyawan, PT. Insera Sena selalu berusaha meningkatkan kapasitas produk dan mencapai sekitar 360.000 unit per tahun. Perusahaan ini memproduksi sepeda untuk pasar luar negeri dengan merek mereka sendiri. Salah satu merek yang paling terkenal ialah Polygon.
Pengembangan suatu usaha dalam kancah persaingan global memerlukan pondasi yang kuat dalam banyak segi. Berpijak dari dasar itulah maka dipilih nama Polygon sebagai mereka yang akan “dijual” kedepannya. Polygon dalam arti harafiahnya berarti ‘segi banyak’ dipandang pantas untuk menyandang karakter sebuah produk nasional menuju ketatnya pasar internasional yang begitu ketat dan terjal.
Semua segi itulah yang telah dan terus dibangun Polygon dengan berpijak pada 4 pilar utama, yaitu technology, quality, craftmanship, dan support. Inilah sebuah sosok yang terus dan akan terus berkembang, demi menggapai lebih banyak lagi prestasi di kancah internasional.
Sejak awal berdirinya, PT. Insera Sena (IS)  memang menargetkan pangsa luar negeri sebagai target utama. Dengan bermodalkan merek Polygon yang saat itu masih awam, mereka berusaha merebut hati masyarakat di lima benua. Sampai akhirnya, perusahaan sepeda mencapai masa keemasan mereka pada tahun 1991 sampai dengan 1994. Polygon berhasil merebut hati masyarakat luar negeri dan menjadi top brand. Sejak saat itu, Polygon menjadi salah satu merek sepeda paling laris, baik di dalam maupun luar negeri.
Visi dari peusahaan adalah menjadi produsen kelas dunia sepeda yang inovatif, produktif dan kompetitif efisien. Mencapai itu, misi perusahaan adalah untuk memproduksi, mendistribusi dan memasarkan produk berkualitas tinggi  dengan nilai tambah tinggi, untuk meningkatkan kemampuan kompetitif menjadi perusahaan yang ramping, dinamis, dan efektif dengan utama dalam sumber daya manusia dan teknologi pembangunan.
Polygon dibuat dengan kesungguhan dan perhatian mendalam akan fungsi yang tepat dan signifikan dari setiap sepeda. Penggunaan sepeda dewasa ini sangat beragam, mulai dari alat transportasi, olahraga, hobi, sarana rekreasi bersama keluarga dan teman melalui kegiatan bersepeda bersama, melatih ketrampilan bersepeda, hingga sebagai aktualisasi diri.
Pengembangan sumber daya manusia dan berbagai hal teknis telah mengisi tahun-tahun perjalanan Polygon sebagai salah satu merek sepeda kelas dunia. Sepeda Polygon selalu memberikan kinerja optimal bagi pengendaranya, dan ini merupakan esensi terpenting dalam bersepeda. Tak dapat dipungkiri, ini telah menjadikan Polygon sebagi salah satu kompetitor sepeda kelas dunia asal Indonesia.
PT Insera Sena sebagai produsen Polygon, memproduksi berbagai jenis sepeda. Sepeda-sepeda itu antara lain sepeda kota, trekking, MTB, penuh suspensi, keras ekor, menurun, BMX dan masih banyak lagi.
Selain itu, yang membuat Polygon semakin dikenal ialah strategi pemasarannya. Polygon aktif mengembangkan model-model sepeda untuk mengikuti zaman. Selain itu, Polygon juga berperan aktif untuk mensponsori kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sepeda. Hal ini lah yang membuat Polygon diterima masyarakat.

No comments:

Post a Comment